15/12/13

Belajar bahasa Jepang Dasar [Part 1]

 

Tak kenal maka tak sayang! Bagi penggemar dorama Jepang dan Korea atau penyuka anime dan kawan-kawannya, masa sih mau terus-terusan ngeliat subtittle? Gak penasaran sama apa yang mereka omongin? Benar atau gak terjemahannya? Kadang sebagian orang lebih fokus baca subtitle tanpa merhatiin banget adegan-adegan yang lagi ditonton. Kan sayang banget tuh kalau yang main idola kita tapi kita gak bisa full ngeliat aktingnya.


Nah kali ini saya mau berbagi sedikit dengan para pembaca. Pembelajaran ini bener-bener dasar banget. Banyak orang yang bilang kalau fondasinya gak kokoh, maka bangunannya akan cepat roboh. Untuk kali ini saya akan membahas pembelajaran bahasa Jepang dari dasar karena saya memang lebih menguasai bahasa Jepang. Tapi sedikit-sedikit saya juga belajar bahasa Korea secara autodidak. Di kesempatan lain juga akan saya bagi.

Tau kah kalian kalau orang Jepang tidak menulis dengan huruf latin? Mereka punya tiga jenis huruf yaitu Kanji, Hiragana, dan Katakana. Mana yang mereka gunakan? Ketiga-tiganya! Sejarah singkatnya, zaman dulu ketika orang Jepang masih primitif, tidak bisa membaca dan tidak mengenal tulisan, beberapa orang Cina masuk untuk berdagang. Tahu kisah peradaban Cina kan? Denger-denger peradaban Cina adalah peradaban tertua di muka bumi ini. Bahkan Nabi Muhammad SAW saja mengakuinya. (Ada hadist yang menyebutkan "Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri Cina")

kanji

Dari orang Cina lah orang Jepang mengenal tulisan. Tentu yang pertama-tama mereka pelajari adalah tulisan Cina (Kanji). Mungkin jika saat itu orang yang datang ke dataran Jepang adalah orang-orang Eropa mungkin saja yang digunakan oleh orang Jepang adalah tulisan latin.

Hiragana

Dari tulisan kanji, lahirlah Hiragana. Beberapa pemuka merasa kalau tulisan Cina terlalu sulit untuk dipelajari. Jadi untuk mempermudah mereka membuat tulisan sederhana yang disebut Hiragana. Karena hiragana dibuat oleh seorang wanita, tarikkan-tarikkannya terlihat halus.

katakana
Negeri Jepang sempat terisolasi dari dunia luar. Orang asing tidak diperbolehkan untuk masuk, sebaliknya juga begitu orang Jepang tidak boleh pergi keluar. Hingga ada sebuah kebijkan yang akhirnya membuat negeri matahari terbit itu membuka pintunya. Orang-orang barat mulai masuk untuk berdagang (Berdagang adalah alasan kamu flase untuk memata-matai secara perlahan). Banyak bahasa asing yang sulit dimengerti orang Jepang. Dan lahirlah tulisan Katakana. Katakan berfungsi untuk menulis kata-kata serapan (kata asing).

Sekarang apa yang musti dilakuin pertama kali?! Silahkan menghapal 3 tulisan tersebut. Paling tidak hapalkan hiragana dan katakana jika kanji terlalu sulit (Sampai sekarang pun banyak kanji yang belum saya tahu). Menghapal huruf hiragan dan katakana hukumnya wajib bagi pembelajar bahasa Jepang. Penhapalan ini dilakukan untuk mempermudah belajar bahasa Jepang ke tahap selanjutnya. Jadi, selamat menghapal!! Dan nantikan Belajar bahasa Jepang [part 2]! Ganbatte! semangat! _sds_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...