20/09/13

[Preview Kdrama] Good Doctor


Judul: Goot Dakteo / 굿 닥터
Judul Lain: Geurin Meseu (Green Scalpel) / 그린 메스
Genre: Medical, romance, human, melodrama, family
Jumlah Episodes: 20 Episodes
StasiunTV: KBS2
Masa Penayangan: 5 Agustus 2013 s/d ???
Jam Tayang: Senin & Selasa, Pukul 22:00
Rumah Produksi: Logos Film
Kepala Produser: Kim Sung Geun
Produser: Lee Jae Hoon, Park Woo Ram
Sutradara: Ki Min Soo, Kim Jin Woo
Penulis Skenario: Park Jae Bum

Kini hadir sebuah Kdrama yang lain dari pada yang lain. Good Doctor adalah Kdrama yang bertemakan isu sosial mengenai Autism. Jarang-jarangkan Kdrama ngangkat isu sosial. Berlatar belakang kehidupan dokter, Good Doctor menyajikan berbagai kisah yang mampu memberikan pelajaran terhadap kehidupan. Jadi, Good Doctor tuh tentang apa sih??
  

Park Shi-on memiliki keterbatasan mental atau disebut juga autis. Karena keterbatasan itu, Shi-on tidak memiliki teman dan cenderung sering dibully anak-anak sebayanya. Ketika dibully, Shi-on tidak pernah melawan, bahkan dia tidak tahu bagaimana caranya melawan. Untunglah Shi-on memiliki kakak yang selalu membelanya. Kakak yang selalu ada untuknya. Selain dibully temannya, Shi-on juga mendapatkan perlakukan kasar dari ayahnya yang tidak bisa menerima keterbatasan Shi-on.

Satu-satunya teman yang dia miliki adalah seekor kelinci yang selalu dia taruh di kandang dan dia bawa kemana pun dia pergi. Seperti biasa, malam itu ayah Shi-on marah karena ibunya membawa Shi-on ke rumah sakit. Ibu Shi-on dan kakaknya berusaha melindungi Shi-on. Tapi ayah Shi-on benar-benar marah hingga kelinci kesayangan Shi-on dibanting hingga kelinci itu mati.

Kehilangan kelinci kesayangan, tentu membuat hati Shi-on sedih. Tapi dia tetap tidak menangis. Melihat adiknya yang kesepian, Kakak Shi-on membuat perjanjian dengan teman-temannya agar mau bermain bersama Shi-on. Teman-temannya punya persyaratan, jika Shi-on mau bermain bersama dengan mereka, Shi-on harus mengambil skrup di dalam ruang bawah tanah. Kakak Shi-on menemani Shi-on untuk mencarinya. Lalu tiba-tiba saja Tanah longsor. Shi-on dan kakaknya tertimbun di dalam. Shi-on bisa diselamatkan tapi tidak dengan kakaknya.


Menyaksikan kelinci dan kakaknya meninggal di depan matanya, membuat Shi-on bertekad untuk menjadi seorang dokter anak. Alasannya sangat sederhana, kakak dan kelincinya meninggal saat usia mereka masih anak, mereka tidak pernah tumbuh dewasa karena itu Shi-on ingin membantu anak-anak agar bisa tumbuh dewasa dengan baik yang tidak bisa dialami kakak dan kelincinya.


Di balik keterbatasannya, bisa dibilang Shi-on ini jenius. Dia memiliki daya ingat yang luar biasa, analisanya terhadap tubuh manusia juga sangat tajam. Di usianya yang masih kecil saja dia sudah mampu menghafal berbagai buku kedokteran, bahkan dia bisa menggambar ulang tubuh manusia dengan sangat detail. Di bantu oleh seorang dokter yang ada di dekat rumahnya, Shi-on bisa menjadi Dokter bedah anak.


Atas rekomendasi dari dokter yang mengajarinya tentang dunia kedokteran, Shi-on bisa bekerja sebagai dokter bedah anak di rumah sakit universitas Sungwon. Banyak yang meragukan kemampuan Shi-on dengan keterbatasannya. Persaingan pun terjadi dan untuk pertama kalinya Shi-on merasakan cinta. Bertemu dengan Cha Yoon-seo, wanita yang selalu membantunya, sekaligus wanita yang membuat Shi-on jatuh cinta.


 Gak heran kalo Kdrama yang satu ini selalu dapet rating tinggi, bahkan rating-nya sempat mencapai 20%, rating terendahnya 17,4%. Di drama ini tetep ada kisah cinta khas drama Korea, tapi yang bedain dari drama yang lain, selain karena mengambil latar belakang autism dan memliki banyak pesan sosial, Good Doctor ini juga menyajikan tontonan bagaimana sikap dokter terhadap masalah-masalah yang mereka hadapin. Bahkan di drama ini diperlihatkan bagaimana jalannya operasi secara langsung. Hayoo yang gak tegaan atau gak suka liat darah.. harap bawa bantal saat nonton.. Jadi, pas adegan operasi bisa tutup muka. hehehe 

Yang bikin takjub lagi, akting Joo Won sebagai Shi-on diperankan dengan baik. Gak nyangka banget Joo Won bisa akting kaya gitu. Oh iya, Salah satu anggota running man berbadan besar bersuara melow, juga menyumbangkan satu lagunya untuk dijadikan soundtrack di Kdrama Good Doctor (Kim Jong Kook - How come you dont know). Waaahhh jadi gak sabar buat nonton Kdrama yang satu ini?? Masyarakat korea aja exited  banget sama drama yang satu ini, apa lagi kita? Semoga aja drama ini bakal ditayangin di Indosiar.. laaahh ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...